Blog tentang dunia internet, internet marketing, bisnis online, tutorial blog dan website anda

Selasa, 24 Desember 2013

Tutorial Cara Membuat Google Drive dan Kegunaannya

Halo para pembaca.. Hari ini tepat pada libur natal, saya ingin berbagi pengetahuan khususnya tentang tutorial google drive dan beberapa fitur serta fungsi kegunaanya. Sebagaimana kita tahu, bahwa google mengembangkan banyak sekali layanan service seperti yang saya pernah bahas sebelumnya tentang google apps for business yang saya gunakan juga untuk maintance konsumen-konsumen saya dalam menjalankan bisnis. Sebelum memulai, anda diharuskan mempunyai akun google mail atau GMAIL untuk bisa mengakses layanan google drive ini. Bila anda belum punya gmail, silahkan membuat akun gmail terlebih dahulu, yang juga sudah saya buatkan artikelnya.

Beberapa kegunaan Google yang saya pakai yaitu untuk membuat dokumen, presentasi, spreadsheet, formulir dan gambar. 

Create Document

Membuat Dokumen adalah seperti pada aplikasi yang kita kenal ms Word. Anda bisa membuat dokumen catatan atau lainnya seperti halnya ms word. Akan tetapi penyimpanannya dilakukan secara online. Disediakan juga fitur seperti print out langsung cetak di printer anda.


Create Presentation

Membuat Presentasi secara online dengan google drive merupakan cara lain dari yang sering kita pakai dalam aplikasi ms. Power Poin. Disini juga sama fungsinya, keuntungannya adalah anda bisa menyimpan data presentasi secara online atau bisa juga diunduh ke dalam hardrive anda dan tidak perlu repot instalasi aplikasi ms power poin yang mungkin agak memakan waktu yang lama.

Create Spreadsheet

Kegunaan lain yang tersedia di google drive adalah kita bisa membuat dokumen tabel, ini juga sering kita gunakan tentunya dengan menggunakan aplikasi ms. excell buatan microsoft. Anda bisa membuat data berbentuk tabel, lengkap disertai fungsi-fungsi didalamnya. Anda juga bisa menyimpannya secara online maupun di export ke dalam hardisk anda.

Create Form

Selain itu, anda juga bisa membuat formulir online. Formulir ini bisa kita gunakan untuk membuat kuesioner online, mungkin anda mahasiswa yang sedang membuat tugas akhir atau skripsi, anda biasanya membuat kuesioner untuk mengumpulkan data yang anda perlukan. Berbagai tipe pertanyaan jawaban sudah tersedia seperti pertanyaan biasa, atau pertanyaan pilihan ganda, dll. Cara membuat kuesioner online ini sangat mudah sekali dibuat di google drive. Data yang terkumpul akan di hasilkan kedalam spreadsheet.

Drawing

Anda juga bisa menggunakan layanan Drawing di google drive ini. Anda bisa membuat gambar sesuai keinginan anda. layaknya sebuah aplikasi gambar, fitur-fiturnya cukup lengkap.


Demikian penjelasan singkat tentang google drive. Untuk saya sendiri, saya menggunakan google drive untuk membuat formulir pendaftaran bagi para calon mitra reseller wielshoes. Dengan google drive ini saya dimudahkan dalam pengelolaan data-data dari member-member kami. Selain itu, google drive juga sudah tersedia di android dan windows (aplikasinya) sehingga langsung bisa mengakses tanpa harus membuka browser. Oke sekian dulu tentang pembahasan google drive. Semoga bermanfaat bagi anda para pembaca setia blog kami. Salam.



2 komentar:

About Us

Recent

Random