Blog tentang dunia internet, internet marketing, bisnis online, tutorial blog dan website anda

Minggu, 24 Februari 2013

Belajar Layout Blogspot (blogger)

Seperti telah disampaikan pada postingan sebelumnya tentang membuat blog di blogger, kali ini saya ingin memberikan pengetahuan tentang layout blogspot. Blogger.com memberikan kemudahan melakukan pengaturan tata letak atau layout blog yang anda buat. Disamping itu, blogspot juga menyediakan fasilitas template yang diberikan secara internal oleh situs tersebut. Anda bisa mengganti atau mengubah blog ke dalam template sesuai keinginan. Anda bahkan bisa menambahkan elemen halaman dalam blog tersebut.



Seperti pada gambar di atas, pengaturan tata letak blogspot bisa dilakukan setelah anda login ke dalam blog dan membilih tab layout yang terdapat di dalam panel kontrol blog anda.




Page Elements

Sebuah halaman blog terdiri dari beberapa elemen di dalamnya. Jenisl elemen-elemen tersebut nampak ketika anda mengklik sub tab page elements seperti gambar dibawah.


Gambar diatas menunjukan bahwa pada tab page elements, blogger telah menyediakan desain layout blog anda dengan tata letak yang sesuai dengan kondisi blog anda sesungguhnya. Beberapa elemen halaman seperti yang terlihat pada gambar diatas adalah

Page header, merupakan elemen halaman yang berisikan header atau judul blog
Posting blog, merupakan elemen halaman yang berisikan artikel buatan anda.
Tambahkan Gadget, merupakan fitur untuk menambah gadget yang isinya bisa anda pilih sendiri, misalnya adalah Script HTML untuk iklan ads atau yang lainnya. Anda bisa secara bebas memindahkan elemen-elemen tersebut dengan cara DRAG atau tekan klik kiri (jangan dilepas, terus seret ke mana aja bebas)

Bila anda perhatikan dalam gambar, disana dibawah elemen page header dan home featured terdapat elemen html, sengaja, ini merupakan tambahan gadget berupa skrip HTML iklan adsense. Sebenarnya masih banyak elemen lain yang bisa dimasukan ke dalam blog anda.

Belajar Layout blogspot memang harus di coba-coba satu demi satu apa fungsi dari masing-masing gadget yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random