Blog tentang dunia internet, internet marketing, bisnis online, tutorial blog dan website anda

Senin, 20 Juli 2015

Belajar Adwords Untuk Pemula

Halo smua pembaca blog winarno adhi, sudah lama saya ga nulis lagi. Hmm.. mungkin saya terlalu sibuk dengan bisnis yang saya jalani sekarang, bisnis fashion. Jualan sepatu online, fokus pada penjualan reseller dengan sistem dropship. Oke, langsung aja kita ke topik kita kali ini adalah tentang belajar periklanan adword untuk pemula sebagai pengenalan kita tentang perikalan online masa depan.

Kenapa saya bilang periklanan online masa depan? karena faktanya, google menguasai hampir 70% market share search engine internet. Sehingga para pengiklan atau advertiser bisa menjangkau lebih banyak konsumen yang potensial untuk membeli produk-produknya.

Cara kerjanya sederhana. Kita sebagai pengiklan mentargetkan "kata kunci" yang relevan dengan produk yang kita jual. Misalkan kita jualan sepatu. Maka pengiklan akan mentargetkan kata kunci yang relevan dengan sepatu, misal sepatu olahraga, atau sepatu casual. Lebih panjang kata kuncinya semakin khusus pula konsumen yang di target dengan catatan, pencarian kata kunci yang lebih panjang akan lebih sedikit volumenya dibandingkan kata kunci yang umum atau short keyword. Ketika Iklan kita aktif, google akan menarik bayaran sesuai dengan jumlah klik dikali harga klik setiap keyword.


Selain penempatan di mesin pencari berdomain google.com atau google.co.id , ada juga penempatan dengan memanfaatkan jaringan publisher yang bekerja sama dengan google. Google menyebutnya sebagai Display Network.  Kita sering melihat iklan-iklan di website seperti detik atau kompas. Mereka salah satu mitra google dalam program adsense google.



Untuk penempatan iklan di mitra google, supaya relevan, google bisa mendeteksi sebuah page/situs yang kontennya relevan dengan iklan kita. Misalnya, dalam sebuah situs seperti kompas, terdapat sebuah artikel tentang pembuatan sepatu. Nah, bila iklan kita mentarget  keyword sepatu, tentu iklan kita akan muncul disana.

Tapi pertanyaannya, kan yang beriklan di google dengan target kata kunci yang relevan dengan sepatu tidak hanya saya, tapi banyak juga pengiklan lain, jadi gimana biar kita yang lebih diprioritaskan untuk tampil?

Nah,, jawabannya adalah google memberikan "peringkat iklan" pada setiap pengiklan. Bila peringkat iklan kita tinggi (terdapat ranking pada setiap iklan yang kita buat di google adwords), maka kemungkinan iklan kita muncul akan semakin besar/sering (pembahasan tentang peringkat iklan akan dikupas di artikel selanjutnya).

Mungkin cukup segini dulu ya pengenalan dan belajar tentang google adwords untuk pemula. Dasar dasar dari priklanan google ini akan dikupas di artikel selanjutnya. Jadi tunggu aja. Semoga Bermanfaat. salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random